Loading Dock / Loading Ramp

IMG_0006 copy

Loading dock yard

Mengenal dan Memahami Fungsi Loading Dock Yard

Loading dock yard / loading ramp

Loading dock yard atau loading ramp merupakan anjungan untuk bongkar muat dari dan menuju tempat yang memiliki perbedaan ketinggian. Loading dock memiliki beberapa variasi. Ada yang menyatu dengan bangunan utama dan ada yang bersifat portable. Loading dock biasanya ditemukan pada bangunan komersial dan industri atau pergudangan.

Pada loading dock modern dilengkapi berbagai alat. Seperti bilah untuk leveling / penyeimbang, segel loading dock dengan kendaraan pengangkut, kanopi, lampu indikator dan sistem untuk menahan kendaraan pengangkut.

Untuk memudahkan penanganan material, loading dock dapat dilengkapi beberapa bagian seperti :

  1. Loading Dock Bumper :
    Melindungi Loading dock dari kerusakan oleh kendaraan pengangkut. Selain itu juga dapat difungsikan sebagai panduan oleh sopir kendaraan pengangkut ketika mundur.
  2. Loading Doc Bagian Penyetara :
    Platform height – penyesuai ketinggian sebagai jembatan antara loading dock dan kendaraan pengangkut. Dapat dioperasikan melalui mekanikal, hidrolik atau sistem tenaga bertenaga.
  3. Loading Dock Bagian Angkat :
    Melayani fungsi yang sama dengan menyeimbangkan tetapi beroperasi mirip dengan sebuah scissor lift untuk memungkinkan penyesuaian ketinggian yang lebih besar.
  4. Loading Dock Segel :
    Blok busa kompresibel yang dikompensasi dengan menekan kendaraan pengangkut saat diparkir; segel digunakan pada eksterior bagian tepi kendaraan pengangkut saat musim dingin dimana hal ini akan memberikan perlindungan dari cuaca.
  5. Loading dock Sign Lamp :
    Biasanya berbentuk artikulasi yang bergerak (rotator lamp), dipasang pada loading dock untuk memberikan pencahayaan di dalam cabin muatan kendaraan pengangkut selama proses loading.
  6. Loading dock lamp Indikator :
    Sebagai penanda kapan pengemudi harus memundurkan & memajukan kendaraannya.
  7. Loading dock System Software dock activity :
    Menyediakan metode untuk melacak dan melaporkan aktivitas bongkar muat.
  8. Loading dock lips plate pada Gudang :
    Untuk menjembatani celah antara dermaga dengan truk, sehingga barang bisa dengan mudah dimuat dan dibongkar dengan menggunakan peralatan bergerak (misalnya forklift).
  9. Loading dock safety atas carrier :
    Hook logam kuat yang dipasang ke dasar dermaga yang akan menghubungkan ke frame atau bumper trailer dan mencegah dari pergeseran selama proses loading, dapat dioperasikan secara manual, hidrolik, atau elektrik.

Pada konsep logistik modern, harus dipahami bahwa jenis truk yang digunakan sangat bervariasi. Konsekuensinya adalah perbedaan jenis truk ini akan berpengaruh pula pada desain truk tersebut. Adjustable loading dock atau adjustable ramp bisa dijadikan solusi dalam mengatasi perbedaan level tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.